.comments-page { background-color: #00BFFF;} #blogger-comments-page { padding: 0px 5px; display: none;} .comments-tab { float: left; padding: 5px; margin-right: 3px; cursor: pointer; background-color: #f2f2f2;} .comments-tab-icon { height: 14px; width: auto; margin-right: 3px;} .comments-tab:hover { background-color: #eeeeee;} .inactive-select-tab { background-color: #d1d1d1;}
DFN. Powered by Blogger.

SELAMAT DATANG DI DAFONE'S NOTE

Nge-Blog'e arek Go-Blog
Home » » Contoh Laporan Hasil Kelompok KKT

Contoh Laporan Hasil Kelompok KKT

UPAYA PENINGKATAN PENDIDIKAN DENGAN BELAJAR BAHASA INGGRIS DI DESA GLADAK LANGSEP KECAMATAN SUMBERJAMBE KABUPATEN JEMBER


LAPORAN KULIAH KERJA TERPADU



Kelompok : 28
Disusun Oleh :
Sujud winarno





DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS JEMBER
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Maret, 2009


KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Tuhan Yang Maha Esa yang telah mencurahkan kasihnya kepada seluruh umatnya. Hanya atas limpahan dan anugerah dan kasihnya penulis dapat menyelesaikan laporan mandiri Kuliah Terpadu dengan judul “Upaya Peningkatan Pendidikan dengan Belajar Bahasa Inggris di Desa Gladak Langsep
            Penulis menyadari dalam penyusunan laporan kegiatan kuliah terpadu ini adalah sebuah kerja keras yang perlu diselesaikan dan tidak mungkin terselesaikan tanpa bantuan serta dorongan dari semua pihak. Oleh karena itu tiada kata yang lebih layak untuk menghormati selain ucapan terima kasih.
Pada kesempatan ini penulis sampaikan ucapan terima kasih kepada:
1.      Dr. Sudarti, selaku ketua LPM Universitas Jember
2.      Segenap staf Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPM) Universitas Jember.
3.      Drs. Herman Cahyodiarto, MM, sebagai Dosen Pembimbing Lapangan.
4.      Ahmat Munawir, sebagai Kepala Desa Sumberjambe
5.      Muchlis, sebagai Kepala Dusun Gladak langsep
6.      Hor, sebagai Ketua RT
7.      Rekan-rekan KKT UNEJ 2009 Desa Sumberjambe Kecamatan Sumberjambe.
8.      Semua pihak yang telah membantu terlaksananya program penyuluhan dan kegiatan ini.
Demikian ucapan terima kasih dari penulis, atas bimbingan dan kerjasama yang diberikan kepada kami sehingga terselesaikannya kegiatan Kuliah Kerja Terpadu dan penyusunan laporan ini. Penulis berharap agar kegiatan ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua khususnya masyarakat Desa Sumberjambe
                                                                                   Jember, 5 Maret 2009

                                                                                         Penulis


DAFTAR ISI

Halaman
Judul ........................................................................................................................ i
Kata Pengantar ..................................................................................................... ii
Daftar Isi ............................................................................................................... iii
I.        Pendahuluan ................................................................................................... 1
            Latar Belakang .................................................................................................. 1
            Permasalahan ..................................................................................................... 2
            Tujuan dan Manfaat .......................................................................................... 2
II.     Pelaksanaan Kegiatan .................................................................................... 3
            Tempat dan Waktu ............................................................................................ 4
            Khalayak Sasaran .............................................................................................. 4
            Jenis dan Metode Kegiatan ............................................................................... 4
            Materi...................................................................................................................             4
            Kendala dan Pemecahan ................................................................................... 6
            Rencana Biaya dan Realisasi Biaya KK ....................................................         6
III.  Hasil Kegiatan dan Pembasan ....................................................................... 7
       3.1 Hasil Kegiatan ............................................................................................ 7
       3.2 Pembahasan ................................................................................................ 7
IV.  Penutup ......................................................................................................... 12
            Kesimpulan ..................................................................................................... 12
            Saran ............................................................................................................... 12
Lampiran ............................................................................................................. 13
1.      Foto Kegiatan ................................................................................................. 13

                                             



I. PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Kuliah Kerja Terpadu (KKT) adalah program intrakurikuler yang ditempuh mahasiswa dengan tujuan utama untuk memberikan pendidikan kepada mahasiswa. Pelaksanaan pendidikan ini memerlukan keterlibatan dan peran masyarakat, terutama masyarakat di lokasi KKT dengan harapan dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya masyarakat Desa Sumberjambe kecamatan Sumberjambe. Kuliah kerja terpadu merupakan penerapan dari keterpaduan kegiatan masyarakat dan mahasiswa sebagai wujud dan penerapan dari  pengembangan tridarma perguruan tinggi yaitu pengabdian terhadap masyarakat. Menjadi sangat berarti apabila wujud pengabdian yang diberikan kepada masyarakat sesuai dan tepat sasaran dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat lewat kegiatan interdisipliner dan keilmuan masing-masing mahasiswa.
Upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat dicapai melalui pembangunan. Pembangunan adalah suatu proses pembaharuan yang kontinyu dan bersinambungan dari keadaan tertentu suatu masyarakat kepada keadaan yang lebih baik. Dalam pembangunan juga memerlukan aspek yang memadai seperti sumber daya manusia, sumber daya alam, teknologi dan yang lainnya. Majunya sebuah negara sudah terbukti sangat dipengaruhi oleh kualitas sumber daya manusia. Oleh karenanya pemberian pemahaman akan kesadaran hidup yang berkualitas menjadi sangat diperlukan. Agar tujuan pembangunan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat secara materiil dan spiritual dapat tercapai.
Kondisi di desa sangat berbeda dengan kondisi di kota karena adanya berbagai keterbatasan sehingga kondisi di desa selalu digambarkan memiliki kualitas hidup yang kurang baik. Mulai dari kualitas akan kesehatan, pendidikan maupun pemerintahan. Keadaan tersebut harus diatasi dengan berbagai upaya diantaranya upaya penyadaran masyarakat melalui penyuluhan ataupun melalui kegiatan yang bersifat langsung.
Pendidikan adalah salah satu hal penting dalam kehidupan bermasyarakat. Karena dalam masyarakat yang sadar akan pentingnya pendidikan secara tidak langsung akan dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Upaya peningkatan pendidikan ini merupakan aspek kehidupan yang tidak dapat dipisahkan. Tercapainya Indonesia yang berkualitas dan berwawasan pengetahuan adalah visi dan misi yang harus dapat dicapai.
      Untuk dapat mencapai pembangunan berwawasan pengetahuan maka diperlukan usaha-usaha generasi muda dimana dimulai dengan meningkatkan kualitas generasi muda di dalam lingkup kecil terlebih dahulu. Hal tersebut dapat dilakukan baik bersifat  formal maupun informal karena dalam hal ini pemerintah juga memiliki  tujuan yang sama yaitu meningkatan kualitas sumber daya manusia. Untuk kami sendiri, usaha kami yaitu membentuk kelompok-kelompok belajar bersama, khususnya bagi orangtua dan putra-putrinya yang terdapat di daerah yang sulit tersentuh perhatian karena kurangnya pengetahuan tentang pentingnya pendidikan. Oleh karena itu diperlukan adanya usaha untuk memberikan dorongan dan motivasi untuk merangsang semangat belajar adik-adik terutama ditempat kami melaksanakan KKT yaitu di dusun gladak langsep dan sekitarnya.
            Masalah pendidikan lain yang ada di Desa Sumberjambe adalah masih kurangnya tenaga pendidik dan sarana yang mendukung supaya program ini berjalan dengan lancar, seperti belum tersedianya buku pedoman untuk pembelajaran, dan khususnya pada masyarakat yang kurang mampu, faktor rendahnya tingkat perekonomian juga turut berpengaruh terhadap kesadaran masyarakat untuk pentingnya mengenyam pendidikan.

1.2 Permasalahan
Berdasarkan hasil pengamatan tentang kondisi wilayah Desa Sumberjambe Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember, maka permasalahan yang ada adalah :
1.      Kurangnya kesadaran akan pentingnya pendidikan baik di tingkat dasar ataupun yang berkelanjutan.
2.      Mengingat wilayah sumberjambe yang begitu luas dan terdiri dari dataran tinggi, maka seringkali pendidikan tidak menyentuh masyarakat pinggiran.   
3.      Bagi masyarakat yang kurang mampu, pendidikan merupakan hal penting yang terabaikan. 

1.3 Tujuan dan Manfaat
1.3.1 Tujuan
a.      Memberi motivasi dan semangat kepada adik-adik untuk tetap semangat belajar.
b.      Mengetahui rata-rata tingkat pendidikan masyarakat di daerah tersebut.
c.      Mengetahui gambaran kondisi sosial masyarakat sumberjambe untuk tingkat menengah ke bawah.
d.     Menanamkan kembali semangat untuk menimba ilmu/ bersekolah.
e.      Ikut serta membangun masyarakat desa dalam mempercepat kemajuan pembangunan pendidikan.
f.       Membantu masyarakat dan atau pemerintah dalam mengatasi masalah-masalah yang dihadapi pemerintah melalui kegiatan praktis yang berbasis ilmu pengetahuan.
g.      Memperkaya pemahaman mahasiswa terhadap masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat dan atau pemerintah
h.      Memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa dalam menerapkan ilmu pengetahuan.
i.        Mewujudkan kemanunggalan antara perguruan tinggi dan masyarakat, khususnya masyarakat Desa Sumberjambe Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember.
j.        Meningkatkan hubungan yang lebih erat antara perguruan tinggi dengan pemerintah, instansi teknis dan masyarakat.
k.      Ikut serta membangun masyarakat Desa Sumberjambe dalam mengembangkan daya kreatifitas serta mengembangkan potensi desa dalam upaya mempercepat kemajuan pembangunan sosial ekonomi masyarakat.

1.3.2 Manfaat
 Mahasiswa
a.       Memperdalam pengertian dan penghayatan pemanfaatan ilmu yang dipelajari.
b.      Mendewasakan cara berpikir dan meningkatkan daya nalar mahasiswa dalam melakukan penelaahan, perumusan dan pemecahan masalah secara ilmiah.
c.       Membina mahasiswa menjadi inovator, dinamisator dan sebagai informator.
d.      Memperoleh pengalaman berharga dengan terlibat langsung dalam kehidupan bemasyarakat.

2. Universitas
a.       Sebagai umpan balik hasil pengintegrasian mahasiswa di tengah-tengah masyarakat dan atau pemerintah dengan berbagai permasalahannya guna penyempurnaan kurikulum yang lebih sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan atau pemerintah.
b.      Meningkatkan, memperluas dan mempercepat kerjasama dengan masyarakat dan atau pemerintah.
3. Masyarakat dan Pemerintah
a.       Memperoleh bantuan tenaga dan pemikiran untuk merencanakan dan melaksanakan pembangunan sehingga dapat mendorong percepatan pembangunan.
b.      Memperoleh bantuan tenaga dan pemikiran secara kritis dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi
c.       Menambah wawasan masyarakat dengan berbagai ilmu pengetahuan.
d.      Lebih menggairahkan masyarakat untuk melakukan pembangunan bagi diri dan desa secara umum.
e.       Memperoleh informasi baru tentang perkembangan pemikiran yang berkaitan dengan upaya pembangunan masyarakat desa.

II. PELAKSANAAN KEGIATAN


2.1 Waktu dan Tempat
2.1.1 Waktu
Pelaksanaan Kuliah Kerja Terpadu (KKT) dilaksanakan di Desa Sumberjambe   Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember selama 45 hari terhitung mulai tanggal 3 februari 2009 sampai dengan 23 Maret 2009. Pelaksanaan kegiatan disesuaikan dengan jenis kegiatan dan lokasi yang telah direncanakan.

2.1.2 Tempat
       Program Kuliah Kerja Terpadu (KKT) ini dilaksanakan di Desa Sumberjambe   Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember.

2.2 Khalayak Sasaran
a. Sasaran kegiatan peningkatan pendidikan ini adalah bagi adik-adik maupun ibu/ bapak yang berminat untuk mengikutinya khususnya bagi warga yang berada di Dusun Gladak langsepDesa Sumberjambe.

2.3 Jenis Kegiatan  dan Metode
2.3.1  Jenis Kegiatan
a. Jenis kegiatan adalah memberi bimbingan serta belajar bersama adik-adik di dusun gladak langsep Desa Sumberjambe yang dilaksanakan pada hari selasa dan sabtu pukul 15.30 wib, yang bertempat di rumah P. Hor yang juga sebagai ketua RT di dusun tersebut.

2.3.2 Metode
2.3.2 Metode Kegiatan
Dalam pelaksanaannya kegiatan Kuliah Kerja Terpadu (KKT) memerlukan adanya pertisipasi aktif dari masyarakat. Metode yang digunakan adalah memupuk peran aktif masyarakat desa dalam segala kegiatan yang terbagi menjadi dua cara pendekatan yaitu :

a.      Pendekatan Formal

1.      demontrasi dan pengajaran
       Dilakukan dengan cara memberi penjelasan diikuti dengan memberikan contoh melalui gerakan tubuh ataupun dengan memberi penjelasan yang bersifat lisan.
b.    Pendekatan non formal
1        Pendekatan individu
Dilakukan dengan cara melakukan silaturrahmi ke rumah-rumah penduduk guna mendukung metode pendekatan kelompok.
2   Partisipasi
       Dilakukan dengan cara memotivasi masyarakat agar turut serta dan       berpartisipasi dalam program peningkatan pendidikan ini.
a.1 Kegiatan penyampaian materi pendidikan
1.  Menunjukkan dengan gambaran atau penjelasan.
Gambaran atau penjelasan yang dimaksudkan berupa menunjukkan gambar atau  menjelaskan bentuk, manfaat dan hal-hal penting lainnya yang bertujuan  untuk memudahkan pemahaman dari adik-adik kelompok belajar tersebut.
            2. Tanya Jawab
Sesi tanya jawab yaitu dilakukan oleh peserta kepada pemberi materi berkaitan dengan materi yang telah diberikan dan hal-hal yang berhubungan dengan materi. Dengan metode diskusi dan pengembangan pertanyaan.
      3. peninjauan kembali
Yaitu pemberi materi tidak hanya memberikan materi saja, namun untuk memastikan materi tersebut tersampaikan lebih tepat sesuai dengan apa yang kita inginkan dan ternyata pengecekan kembali tersebut sangat dibutuhkan karena faktor kemampuan yang belum merata<adanya perbedaan kelas, daya tangkap, dan juga adanya adik-adik yang belum bersekolah>. Oleh karena itu di sele-sela penyampaian materi kami sempatkan untuk mengoreksi kembali, khususnya untuk segi penulisan yang dalam penerapannya banyak menemui kesalahan.
a.       Sarana dan Prasarana
1.  Kegiatan belajar bersama
1.    Papan tulis dan buku materi
2.    Kertas  dan alat tulis


2.3.3 Materi
             1. Kosakata dalam bahasa inggris( Vocabulary) yang meliputi:
                 a. Greetings
                 b. Hewan-hewan
                 c. Transportasi.
                 d. Panca indra dan organ tubuh lainnya.
                 e. Angka-angka
                 f. Kata sifat
             2.   Pengenalan grammar( present tense).


2.4 Kendala dan Pemecahannya
2.4.1 Kendala
            Kendala-kendala yang dihadapi dalam peningkatan wawasan di bidang pendidikan khususnya belajar bersama   ini adalah sebagai berikut :
1.   Bahasa komunikasi sebagai bahasa penghubung yaitu bahasa         madura, yang seringkali menjadi kendala dalam proses pembelajaran.



2.4.2 Pemecahan Masalah
            Untuk mengatasi masalah yang terjadi tersebut, maka pemecahannya adalah sebagai berikut :
1         Menyisipkan bahasa madura sebagai penjelas jika dibutuhkan.
2          Membawa pendamping yang mengerti bahasa madura dengan baik sebagai penyetabil. 


2.5 Rencana Biaya dan Realisasi Biaya KK
Rencana dan realisasi biaya dalam "Upaya Peningkatan Pendidikan Dengan Bahasa Inggris" di Desa Sumberjambe ini adalah Rp.105.000,-. Dengan rincian sebagai berikut :
a.         Kegiatan belajar bersama
1.  Papan tulis  Rp 50.000,00
2.  Buku tulis   Rp 35.000,00
3.  Spidol          Rp 15.000,00


III. HASIL KEGIATAN DAN PEMBAHASAN

3.1 Hasil Kegiatan
Kuliah Kerja Terpadu (KKT) yang telah dilakukan selama 45 hari merupakan aplikasi ilmu pengetahuan yang telah diperoleh mahasiswa di kampus untuk diterapkan di masyarakat desa, khususnya masyarakat Desa Sumberjambe, Kecamatan Sumberjambe. Berbagai program kerja KKT yang telah dilaksanakan oleh kelompok 28 dalam bidang Pendidikan.


-  Memberikan Bimbingan Belajar pada adik-adik gladak langsep
Dalam program ini mahasiswa Kuliah Kerja membantu memberikan pelajaran tambahan untuk menunjang pelajaran di kelas. Selain itu, mahasiswa KKT juga membantu siswa yang mengalami kesulitan mengerjakan pekerjaan rumah (PR). Umumnya pelajaran yang diajarkan adalah Bahasa Inggris, Matematika dan Sains. Siswa dari berbagai tempat yang sebenarnya relatif cukup jauh dari posko bersedia datang untuk mengikuti kegiatan ini. Pemberian bimbingan belajar ini berjalan efektif selama empat minggu, dilaksanakan setiap sore pada hari Selasa,dan Sabtu..













IV. PENUTUP

4.1   Kesimpulan
Kuliah Kerja Terpadu yang kami laksanakan selama 45 hari, ada beberapa hal yang dapat kami jadikan suatu pelajaran sebagai bekal untuk hidup ditengah-tengah masyarakat. Jika ditelaah lebih jauh, waktu 45 hari belum cukup bagi kami untuk menjalankan semua program yang telah direncanakan. Namun, kami berusaha semaksimal mungkin untuk merealisasikan semua program kelompok kami dengan baik dan berhasil.
Dengan program KKT ini pula kami dapat menarik kesimpulan sebagai berikut:
1.      Dengan KKT mahasiswa dapat menimba ilmu pengetahuan secara informal yang dimiliki masyarakat desa secara turun temurun.
2.       Mahasiswa dapat memberikan pengetahuan secara modern serta penerapan IPTEKS demi kemajuan desa.
3.      Mahasiswa diharuskan dapat ikut membantu memecahkan persoalan-persoalan yang ada pada masyarakat.
4.      Secara realistis mahasiswa dipandang sebagai motivator dan dinamisator bagi setiap kegiatan yang ada di desa.

4.2  Saran
Program KKT yang kami laksanakan selama 45 hari di Desa Sumberjambe Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember, membawa kami untuk selalu aktif dan berpacu dalam upaya menggerakkan masyarakat desa yang berorientasi pada peningkatan taraf hidup masyarakat desa. Oleh karena itu, kami menyarankan:
1.      Demi kesinambungan pembangunan di desa perlu adanya tindak lanjut dari apa yang telah kami laksanakan oleh pihak-pihak terkait, terutama masalah Pendidikan.
2.      Perlunya perhatian yang khusus bagi pemerintah dalam hal pembinaan sektor informal, sebab apa yang diberikan oleh mahasiswa KKT sangat terbatas dengan waktu yang ada sehingga keberhasilan yang diperoleh masyarakat dikhawatirkan tidak berjalan lama.


Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih Atas Kritik dan saran anda... karena kritik dan saran anda adalah apresiasi terhadap kami. :-) mohon likenya :)

Recent Post

Related Post

Buku Tamu

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Dafone's Note - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Free Templates Blogger