.comments-page { background-color: #00BFFF;} #blogger-comments-page { padding: 0px 5px; display: none;} .comments-tab { float: left; padding: 5px; margin-right: 3px; cursor: pointer; background-color: #f2f2f2;} .comments-tab-icon { height: 14px; width: auto; margin-right: 3px;} .comments-tab:hover { background-color: #eeeeee;} .inactive-select-tab { background-color: #d1d1d1;}
DFN. Powered by Blogger.

SELAMAT DATANG DI DAFONE'S NOTE

Nge-Blog'e arek Go-Blog
Home » » KKT LPM UNEJ 2010

KKT LPM UNEJ 2010


Foto Anggota KKT kelompok 39 LPM Unej 2010

Masih terkenang dalam benakku saat melakukan kuliah kerja nyata alias KKN tahun 2010 lalu. Banyak hal yang terjadi, dan banyak hal yang dapat dipetik selama empat puluh hari disebuah desa yang masih dalam lingkungan perkotaan jember. Desa di sebuah kota? Itulah mengapa Aku menyebut sebuah kelurahan ini sebagai Desa karena Fasilitas umum kurang memadai dan letaknya sangat terpencil.

Di kelurahan Jumerto inilah Aku dan delapan temanku mengabdikan diri mencari solusi tentang permasalahan yang ada di kelurahan tersebut. Awal kami datang ke kelurahan tersebut, kami disambut baik oleh pak lurah yang baik hati dan memberikan kami tumpangan alias tempat tinggal di belakang kelurahan. Ruangan yang kami tempati adalah ruangan baca alias perpustakaan Desa yang sudah tidak terawat.
Kegiatan apa saja yang kami lakukan?
  1. 1.      Mengadakan pengobatan Gratis yang merupakan program utama.
  2. 2.      Melakukan pelatihan pembuatan VCO kepada Koperasi di kelurahan Jumerto
  3. 3.      Sosialisasi Pentingnya kesehatan dan kebersihan tangan pada anak usia dini
  4. 4.      Sosialisasi Pentingnya memiliki akte kelahiran
  5. 5.      Melakukan pelatihan Dokter cilik
  6. 6.      Mengajar Bahasa Inggris bagi anak-anak Desa di kala sore hari.

Itulah hal-hal yang kami lakukan ketika berada di kelurahan tersebut. Tentunya selama Empat puluh hari kami tidak melakukan semua kegiatan yang yang formal. Membantu kegiatan kelurahan adalah hal yang kami lakukan diluar kegiatan yang sudah tersusun. Salah satu kegiatan kelurahan adalah Kerja bakti. Empat puluh hari berkumpul dengan delapan orang yang baru kita kenal memerlukan suatu kesabaran agar kami  bisa beradaptasi dengan sifat dan sikap mereka. Permasalahan tentu ada diantara kami, namun semua masalah selalu dapat diselesaikan dengan cara melakukan meeting yang setiap malam dilakukan.

Disiplin adalah hal yang wajib dilakukan oleh anggota, Makan yang harus tepat waktu dan jam tidur pun juga tepat waktu. Bagi mereka yang telat tanpa ada alasan yang kuat akan mendapat teguran secara lisan.
 Oia, satu hal lagi yang ku lupa. Kami juga berkoalisi dengan mahasiswa STAIN Jember yang jumlahnya sekitar dua belas orang. Mereka semua dapat diandalkan dan kami saling bekerja sama membantu kegiatan masing-masing. (Hmmm... ada juga yang Cinlok Loh. hahahaha)


Untuk menunjang kegiatan yang sudah direncanakan maka kami harus mengumpulkan dana bakti sosial kepada pihak-pihak yang terkait. (alias mencari sponsor. hehehe). Hadeh inilah uji malu membawa poposal kebeberapa instansi, ke DPRD jember, ke bank BRI, ke Apotik, dan beberapa tempat lain. Dan inilah beberapa dokumentasi saat KKT (Kuliah kerja Terpadu) di kelurahan Jumerto, kecamatan Patrang, Kab. Jember. Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Jember (LPM-Unej).




Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih Atas Kritik dan saran anda... karena kritik dan saran anda adalah apresiasi terhadap kami. :-) mohon likenya :)

Recent Post

Related Post

Buku Tamu

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Dafone's Note - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Free Templates Blogger