.comments-page { background-color: #00BFFF;} #blogger-comments-page { padding: 0px 5px; display: none;} .comments-tab { float: left; padding: 5px; margin-right: 3px; cursor: pointer; background-color: #f2f2f2;} .comments-tab-icon { height: 14px; width: auto; margin-right: 3px;} .comments-tab:hover { background-color: #eeeeee;} .inactive-select-tab { background-color: #d1d1d1;}
DFN. Powered by Blogger.

SELAMAT DATANG DI DAFONE'S NOTE

Nge-Blog'e arek Go-Blog
Home » , , » Kebun Teh Tiris Probolinggo

Kebun Teh Tiris Probolinggo

Narsis di Kebun Teh (17-7-2011)

Kebun Teh yang ada di desa Andung Biru, kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo. Kebun Ini adalah kebun warisan pada jaman penjajahan belanda dan pemiliknya tentunya adalah orang belanda tepatnya pada tahun 1925. Namun setelah kemerdekaan indonesia para penjajah dari tanah belanda itu kembali ke negaranya dan membiarkan perkebunan teh menjadi milik indonesia. Menurut sumber yang kami peroleh pemilik perkebunan ini adalah bapak Budi Setiawan yang tinggal di surabaya. Hingga saat ini kebun teh masih menjadi milik bapak budi Setiawan, beliau dibantu oleh beberapa mandor yang mengawasi pemeliharaan kebun secara langsung. Namun dipapan yang kami temui Kebun Teh andung biru merupakan PTPN XII (Perseroan Terbatas Perkebunan Nusantara XII) yang berarti perkebunan Andung Biru ini adalah milik Negara atau BUMN. (sumbernya kurang kuat, karena kami menanyakan hal itu kepada para pekerja. hehehe.)
Jenis Teh yang ada di Andung biru adalah Teh kolas, Teh Hijau, dan Teh Rengganis. Pemetikan daun teh dilakukan setiap hari karena luas kebun teh mencapai 300 hektar. Para pekerja harian yang memetik teh berjumlah 180 orang. Kebun teh ini mampu menghasilkan daun teh yang siap siproses sebanyak 245 ton/ tahun. Setiap kali panen Daun-daun teh ditampung di penampungan dengan dibungkus karung-karung besar. Kemudian dikirim ke pabrik yang ada di lumajang yakni pabrik Kerto Wono untuk diproses menjadi Teh siap konsumsi. 

Perjalanan Menuju Kebun Teh ini tidak terlalu sulit, karena sekarang jalannya sudah lumayan mulus. Bagi anda yang dari luar kota (surabaya) bisa langsung ke arah selatan dipertigaan kecamatan Gending (Pas timur pabrik PT.SASA INTI)... lurus aja mentok hingga masuk desa pesawahan. Diperjalanan menuju kebun teh tiris anda akan melewati pemandangan yang tak jauh kalah menarik, namanya Angin-Angin Tiris (kata bokap dan penduduk kampung). Terus saja ikuti jalan itu hingga akhirnya anda melewati pasar tiris. Setelah pasar anda harus belok kanan mengikuti jalan tanjakan hingga menemukan pertigaan (ada tugu garuda) anda belok kiri. Terus saja ikuti jalan itu dan jika anda tidak bertanya dimana kebun teh.. maka saya jamin anda nyasar. Hahahaha… (Saya sarankan bertanya pada penduduk setempat mengenai kebun teh tersebut)… oia tips bertanya ke penduduk setempat… “JANGAN" sekali-kali bertanya tanpa turun dari kendaraan (tidak sopan) karena penduduk disana akan memberikan jalan yang salah.


Ini dia Hamparan Hijau tanaman teh yang menyelimuti bukit di desa Andung Biru kecamatan tiris
(Hamparan Hijau Tanaman Teh Tiris)
(Pucuk daun Teh yang segera dipetik)
Betapa indahnya Kebun Teh yang ada di Kabupaten Probolinggo ini, dan dapat dijadikan sebagai refrensi untuk liburan anda, apalagi kalau dibuat Foto-foto seperti Pra Wedding. Hemmmm… pengen kan foto disana??? Tapi liat dulu gambar dibawah ini.
 (Papan Larangan Berfoto di Area Kebun Teh)
Don’t Take Photograph, Dilarang Memotret atau mengambil gambar tanpa seijin Managemen. Wah wah wah… pasti kecewa kan kalau udah nyampe Kebun Teh yang indah tapi gak diizinin foto2? Tenang aja, kalau Cuma buat koleksi pribadi kita bisa foto aja seenaknya (Asal gak ketahuan) kalau ketahuan gimana? Kalau ketahuan… yah gak gimana-gimana paling Cuma dikasih peringatan. Tapi kalau buat Foto prewed mending Izin aja deh. Hehehe…
Kalau Aku sih Cuek aja dengan papan larangan itu (Jangan ditiru).. Maka banyak foto-foto bersama teman-teman saat jalan atau berlibur ke kebun teh Andung Biru kecamatan Tiris ini. Lihat aja Foto saat temen MIG33 probolinggo Tour ke Kebun Teh, ada juga Bersama Teman lain di Kebun Teh. Ok sekian saya tunggu kisah kalian saat berkunjung ke kebun Teh Tiris. wasalam 

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih Atas Kritik dan saran anda... karena kritik dan saran anda adalah apresiasi terhadap kami. :-) mohon likenya :)

Recent Post

Related Post

Buku Tamu

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Dafone's Note - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Free Templates Blogger