.comments-page { background-color: #00BFFF;} #blogger-comments-page { padding: 0px 5px; display: none;} .comments-tab { float: left; padding: 5px; margin-right: 3px; cursor: pointer; background-color: #f2f2f2;} .comments-tab-icon { height: 14px; width: auto; margin-right: 3px;} .comments-tab:hover { background-color: #eeeeee;} .inactive-select-tab { background-color: #d1d1d1;}
DFN. Powered by Blogger.

SELAMAT DATANG DI DAFONE'S NOTE

Nge-Blog'e arek Go-Blog
Home » , , , » Pantai Utara Gending

Pantai Utara Gending



Siapa yang tidak tahu Pantai? Ada nggak ya? Kalau ada yang tidak tahu silahkan kembali ke taman kanak-kanak. Hehehe…! Atau berkunjunglah ke kecamatan Gending yang memiliki tempat wisata Pantai Bentar Probolinggo

Berbicara tentang Pantai, kali ini saya mau berbagi info tentang pantai yang ada dekat dengan tempat tinggalku yakni di Desa Sebaung. Kira-kira jaraknya 8-10 Km (lumayan jauh dan anggap aja deket) dari Rumah. Tepatnya pantai utara kecamatan gending. Meski pasirnya tidak putih alias pasir berwarna gelap namun lumayan sebagai tempat rekreasi keluarga bagi masyarakat sekitar.

Kalau Aku, jangan ditanya berapa kali Aku mengunjungi pantai tersebut. Sejak SD hingga pas Kuliah sudah menjadi langganan berkunjung ke pantai itu (kalau memang pengen kepantai sih…). Tujuannya beragam, Yang paling sering adalah mencari Kerang sebagai pengisi liburan dan sekedar berlibur dengan anggota keluarga.

Seingatku Pantai utara Gending ini mengalami banyak perubahan, dulu pas waktu kecil pantai ini terdapat hutan bakau yang lumayan lebat hingga dijadikan tempat menyembunyikan kunci sepeda oleh Ayahku (hehehe). Namun berjalannya waktu dan kurangnya pemahaman masyarakat tentang pentingnya Hutan Mangrove akhirnya hilang juga tuh hutan bakau di pantai itu.

Hilangnya Hutan Mangrove berdampak pada populasi ikan dan kerang di daerah itu, Dulu kata tetangga yang sering mencari ikan saat pantai masih penuh dengan mangrove mereka dengan mudah mencari Ikan laut dengan tekhnik lempar jala. Bukan hanya Ikan, tapi udang dan kerang melimpah. Namun setelah hutannya menghilang, mereka tak lagi berprofersi sebagai penangkap ikan, karena menurut mereka hasilnya tidak sebanding dengan tenaga yang dikeluarkan dan biaya perawatan Jala.

Akhirnya, beberapa masyarakat mulai sadar karena bibir pantai mulai terkikis alias mengalami abrasi dan saat ini mulai menanam lagi tanaman mangrove.

Ok, lupakan masalah yang sudah berlalu mengenai Hutan Mangrove Gending, dan ini adalah kenangan saat di pantai bersama keluarga. Mengajak anggota keluarga memang sangat mengasyikan karena bisa bersenang-senang bersama dan memperkenalkan Pantai pada Balita (anggota keluarga baru). Berikut foto-foto yang diambil di pantai utara gending.


(Befoto di Pohon Mangrove yang tumbuh bertiga di tengah pantai)


(Asyiknya Meraba-raba mencari Kerang, Meski air laut bercampur lumpur)

(Ini Pertama Kali Si bocah Datang ke pantai)

(Rusaknya Pantaiku)

(Harapan terhadap hutan Mangrove)

Lihat foto terakhir di belakang adalah mangrove muda yang sudah tumbuh. ini adalah bukti bahwa warga sekitar sudah mulai peduli dengan keadaan pantai yang mulai rusak. semoga hutan itu dapat melindungi mereka dari abrasi laut dan menjadi sumber mencari nafkah. aamiin ya rob. Ok, sekian postingan kali ini dan semoga bermanfaat... :D 

Nb: Kalau Mau Cari kerang di Pantai Utara Gending, Jangan Lupa Calling Me (Siap Jadi Teman ngabisin Makanan) ckckckc

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih Atas Kritik dan saran anda... karena kritik dan saran anda adalah apresiasi terhadap kami. :-) mohon likenya :)

Recent Post

Related Post

Buku Tamu

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Dafone's Note - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Free Templates Blogger