.comments-page { background-color: #00BFFF;} #blogger-comments-page { padding: 0px 5px; display: none;} .comments-tab { float: left; padding: 5px; margin-right: 3px; cursor: pointer; background-color: #f2f2f2;} .comments-tab-icon { height: 14px; width: auto; margin-right: 3px;} .comments-tab:hover { background-color: #eeeeee;} .inactive-select-tab { background-color: #d1d1d1;}
DFN. Powered by Blogger.

SELAMAT DATANG DI DAFONE'S NOTE

Nge-Blog'e arek Go-Blog
Home » , , » Sepenggal tentang Desa SEBAUNG

Sepenggal tentang Desa SEBAUNG

 Sebaung, Nama sebuah desa yang berada di kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo. Desa sebaung ini tergolong Desa yang ramai di banding beberapa Desa yang ada di kecamatan Gending. Fasilitas-fasilitas yang ada di Desa Sebaung cukup Lengkap. Baik dari segi kesehatan maupun Pendidikan cukup memadai, Kegiatan Ekonomi pun lancar dengan adanya sebuah pasar Umum di desa sebaung.

           Oia, Sejarah Singkat Nama Desa sebaung (Dari Wawancara seorang nenek2 (tetangga rumah)). Konon Katanya Desa sebaung ini merupakan sebuah Hutan yang lebat, hingga akhirnya datanglah pemerintah hindia belanda pada masa penjajahannya berusaha membuka lahan di Hutan itu. Setelah pembabatan Hutan dan membuat ladang pertanian, selanjutnya pemerintah Hindia belanda Membangun sebuah Pabrik Gula yang sekarang bernama PG.GENDING. Para pekerja pabrik mulai berdatangan dan tinggal disekitar pabrik. Semakin lama semakin ramai dan terbentuklah sebuah Desa.

Namun, Asal Mula nama Sebaung ini tak lepas dari cerita rakyat yang mengatakan Desa sebaung banyak Jin alias makhluk halus yang tak kasat mata. Kata sebaung berasal dari “baung” menyerupai suara aungan. Konon di desa itu hidup manusia yang berkepala Macan yang sering menggaung dimalam hari, karena sering terdengar kata “baung” maka terciptalah nama desa dengan kata SEBAUNG. Haduh kurang realistis sejarahnya, jadi jangan dianggap benar ya! Lain waktu Aku akan mencari Sumber yang relevan mumpung yang masih tua-tua pada awet :D wkwkwkw.

                Selanjutnya mari kita lihat Apa saja yang ada di Desa sebaung. Sampai postingan ini dibuat (27 Desember 2012) Sebaung mengalami peningkatan yang pesat. Pertama sebagai penunjang Pendidikan Desa Sebaung Memiliki beberapa TK/Playgroup, 3 SD negeri, 1 SD/MI swasta, 2 SMP/MTS Swasta, 1 SMA negeri (SMAN 1 GENDING), dan SMA/MA Swastta (MA WALisongo).

                Kedua Adalah Tempat yang menunjang perekonomian Warga sebaung, Sebaung Memiliki Pasar Umum yang digunakan oleh beberapa masyarakat sekidar Sebaung, dan Gending sebagai pusat transaksi jual beli. Selain itu, Sebaung juga punya dua swalayan yakni NJ Mart dan Sidogiri Swalayan, Beberapa Toko yang menjual kebutuhan pun berdiri didesa sebaung. 

                Fasilitas Umum yang ada di desa sebaung meliputi Tempat Olahraga yang terdiri dari lapangan Bola, Lapangan Badminton, dan lapangan Tenis. Oia Kantor Polisi Sektor Gending juga ada di Desa Sebaung, Kantor Koramil juga ada di desa sebaung bahkan Kantor Telkom Juga berdiri di desa Sebaung. Mengenai Pesatnya Informasi jangan heran kalau didesa Sebaung sudah ada Warnet untuk menunjang Arus Informasi Dunia Maya. Itulah segelintir mengenai Desaku tercinta Desa SEBAUNG Kecamatan GENDING
                
Share this article :

1 comments:

Samud said...

Gigik bede baung..
Hahwhhaa

Post a Comment

Terimakasih Atas Kritik dan saran anda... karena kritik dan saran anda adalah apresiasi terhadap kami. :-) mohon likenya :)

Recent Post

Related Post

Buku Tamu

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Dafone's Note - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Free Templates Blogger