.comments-page { background-color: #00BFFF;} #blogger-comments-page { padding: 0px 5px; display: none;} .comments-tab { float: left; padding: 5px; margin-right: 3px; cursor: pointer; background-color: #f2f2f2;} .comments-tab-icon { height: 14px; width: auto; margin-right: 3px;} .comments-tab:hover { background-color: #eeeeee;} .inactive-select-tab { background-color: #d1d1d1;}
DFN. Powered by Blogger.

SELAMAT DATANG DI DAFONE'S NOTE

Nge-Blog'e arek Go-Blog
Home » , » Belajar Coreldraw

Belajar Coreldraw


Assalamualaikum, semoga semuanya sehat dan baik-baik saja. Pasti sudah tidak asing lagi bagi kalian apa itu Corel Draw. Ya CorelDraw adalah software desain yang membantu para desainer grafis mengerjakan tugasnya melalui komputer. Kenapa saya belajar cara menggunakan software ini? Jawabannya adalah penasaran dengan para desain yang ada dipercetakan di jember.
Saat Aku mencetak sebuah banner di Pusat Digital Printing di Jember, ku lihat si admin alias pekerjanya cekatan dalam menggunakan CorelDraw penasaran itu terus berlanjut hingga berbulan-bulan dan setelah berkali-kali mencetak di tempat itu. hingga pada saatnya Aku mencoba install si Corel ini di Laptop kesayanganku dan hasilnya membingungkan, gak tahu apa yang harus kulakukan.
Pertama kupikir sama seperti si software Photoshop, tapi ternyata sedikit membingungkan bagiku. Akhirnya Aku mencoba browsing di internet eh… penyakit akutku kumat yakni “Malas”. Hingga suatu hari Aku jalan ke Gramedia sekedar membaca buku gratis. Seperti biasa, rak yang sering ku kunjungi adalah buku mengenai Ilmu Ekonomi. Hmmm… saat menoleh ke Rak sebelah ternyata rak itu penuh dengan buku-buku mengenai Grafis. Bergesarlah kakiku ke rak itu dan mulai membaca beberapa buku yang sudah dibuka.
Ada buku yang menurutku bisa membantu, Oia ini bukan promosi karena Aku memang tidak kenal dengan si penulis maka gak kusebutin judul bukunya, pokoknya buku itu tentang coreldraw serta tutorialnya. Aku mencoba membaca sebagian isi buku itu dan Akhirnya Aku jatuh cinta pada buku itu, saat kulihat harganya. “Masyallah”
Lumayan Mahal untuk ukuran kantongku. Dengan berat hati dan sedikit meratapi perpisahan dengan buku itu Akhirnya Aku melangkah pergi meninggalkan buku itu di rak gramedia.
Eits, Alhamdulillah setelah beberapa hari Aku mendapatkan rejeki dan bisa menjemput buku yang menarik perhatianku itu. Dengan bangga Aku membawa buku itu ke kasir dan membayarnya dengan uang tunai (ada recehannya sih) hehehehe.
Buku sudah ditangan, dibacakah? Tentu saja “iya” karena Aku ingin banget bisa CorelDraw walau hanya sedikit yang bisa kupahami dengan sofware ini. Saat baca buku itu, ternyata banyak hal yang dapat dikerjakan dengan CorelDraw antara lain adalah sebagai berikut.
  1. 1.      Membuat Banner dengan mudah (sepertinya sama kayak di Photoshop)
  2. 2.      Membuat sebuah logo, membuat Logo dengan CorelDraw memang lebih muda dibanding menggunakan Photoshop, tapi menurutku tergantung imajinasi si desainer sih.
  3. 3.      Membuat gambar cartoon, wah wah wah... Aku terkagum-kagum dengan tutorial yang membuat gambar cartoon sederhana menggunakan Coreldraw.
  4. 4.      Membuat gambar vector, Gambar vector adalah gambar yang terbentuk dengan menggabungkan beberapa titik. Aku baru tahu, gambar-gambar vector yang bertebaran di internet itu dibuat menggunakan Corel. (sok kagum)
  5. 5.      Membuat desain kaos dengan Coreldraw, ini adalah yang paling sering dilakukan oleh para desainer kaos. Bekerja menggunakan software CorelDraw.
  6. 6.      Masih banyak lagi yang dapat dibuat menggunakan Corel, eits tentunya bukan membuat kue dan hal-hal lain loh… masih tetap fokus pada Grafis!!!
  7. Dan setelah beberapa hari, Aku mencoba membuat sebuah karya dengan sofware Coreldraw nah dibawah ini hasil belajarku setelah seminggu membaca isi “BUKU” itu. J


(Contoh gambar cartoon yang ikutin tutorial di buku. Kartunnya lucu atau aneh ya? hahaha)



(Ngarang buat Vector yang gak jelas... hahahaha)

Nah yang dibawah ini adalah hasil kreasi sendiri, Idenyapun juga gak tahu darimana. mengalir begitu saja dan judulnya juga asal asal aja. namanya juga yang buat orang iseng :-D

(

(Gambar semakin aneh dan gak jelas... tapi inilah hasil belajar seminggu dengan membaca buku)

Asal Gambar
Serius Gambar


Dua gambar diatas (bunga dalam vas) juga menggunakan Coel Draw namun ada perbedaan antara keduanya yakni Gambar disebelah kanan lebih hidup dibanding dengan sebelah kiri, karena Aku menggambarnya menggunakan Hati (lebay. hahaha) itu sih bedanya cuma permainan gradasi warna ommmm... :D

Nah kalau yang dibawah ini adalah contoh membuat logo menggunakan CorelDraw. 




logo Apple




(Desain Kaos Menggunakan CorelDraw)


Gambar diatas pasti banyak yang tahu, salah satu tokoh di game Anggry bird. membuat gambar Anggry bird menggunakan CorelDraw sangatlah mudah asalkan telaten alias tekun. hehehe

Terakhir adalah mengubah foto kita menjadi foto Vector, Sebenarnya photoshop bisa mengubah foto kita menjadi foto Vector cartoon secara otomatis, namun kalau pake Corel lebih bagus hasilnya. hehehe.
Ok, sekian dulu, wasalamualaikum. :-)
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih Atas Kritik dan saran anda... karena kritik dan saran anda adalah apresiasi terhadap kami. :-) mohon likenya :)

Recent Post

Related Post

Buku Tamu

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Dafone's Note - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Free Templates Blogger